ibu : pekerjaan kontrak seumur hidup

Ya ya…Alhamdulillah, sesuatu banget jika akhirnya Allah ngasih kesempatan kepadamu untuk pekerjaan kontrak baru. Kontrak seumur hidup itu bernama “ibu”. Dimana akan ada begitu banyak kebiasaan yang berubah..

  • Ga bisa lagi tidur nyenyak semalaman penuh. Tentu saja karena setiap jeda 2-3 jam, atau bahkan 5 menit saat kamu mulai memejamkan mata, anakmu akan menangis minta menyusu. Atau celananya penuh sehingga perlu diganti popok. Atau tiba2 batuk dan muntah sehingga kamu harus bersih2 dan mengganti sprei. Atau sedang ingin manja saja dan butuh digendong2 di tengah malam berkeliling rumah untuk menenangkan bayimu..
  • Ga bisa lagi menikmati makan enak yang santai di rumah. Baiknya jadwalkan shift bergantian saat makan dengan suami. Jika kamu makan, suamimu yang akan menjaga si baby.  Bahkan jika si baby lagi tidur sekalipun, ada kemungkinan di tengah acara menyantap nikmatnya kepala ikan harus tiba2 disudahi karena dia menangis atau rewel 🙂
  • Bajumu tak bisa serapi dulu. Karena harus menggendong selama boncengan motor dengan suami, untuk mengantarnya ke sekolah/PAUD. Belum lagi menenteng berbagai tas isi laptop, tas pompa ASI, dan tas bekal sekolah anak.
  • Ga bisa pergi jalan malam hari. Tentu saja si baby masih terlalu riskan untuk diajak pergi malem2. Kalopun kamu memaksa ingin sesaat pergi ke luar, percayalah ga akan bertahan lama tanpa memikirkan apakah anakmu rewel atau menangis.

TAPI….Percayalah juga bahwa…

  • Tangisan pertama bayimu setelah lahiran adalah perasaan syukur paling lega, setelah melewati proses melahirkan yang panjang…
  • Bahagianya melihat dia dalam dekapanmu dan menyusuinya. Merasakan bahwa anakmu membutuhkanmu. Meminum susu dari ASImu. Tidur dalam pelukanmu.
  • Bangganya melihat kopian wajah anakmu yang mirip dirimu.
  • Tak bosan mencium wanginya bau anakmu. Bahkan bau mulut dan bau keringatnya sekalipun akan terasa sedap 😀
  • Saat pagi hari bangun tidur melihatnya tersenyum di sampingmu adalah kekuatan terbesar untuk memulai hari-harimu. Adakalanya pagi-pagi anakmu membangunkanmu dengan berbagai cara yang unik : tangan mungilnya yang menggaruk lenganmu, mengetuk kepalamu dengan mainannya, menarik-narik rambutmu, atau melahap pipimu dengan mulutnya 🙂
  • Saat lelah pulang kerja dan melihat wajah innocent nya , hilang sudah pegal-pegal di badan, lenyap sudah pusing kepala karena dimarahi klien yang rewel 😀
  • Di saat kamu melucu dan anakmu tertawa cekikikan adalah nada terindah yang pernah ada…
  • Kamu akan merasa jadi sekuat superman dan mampu melakukan apapun untuk menolong anakmu ketika dia sakit dan kesusahan.
  • Kamu akan lebih malu untuk melakukan dosa. Karena kamu tentu tak ingin anakmu melakukan dosa dan kesalahan yang sama.
  • Anak adalah investasi akhirat. Dia yang akan mendoakanmu, menambahkan pundi-pundi amalanmu ketika kamu sudah tak bergerak di alam kubur…..

Dari Abu Hurairah  bahwa Nabi  bersabda: “Sungguh seorang manusia akan ditinggikan derajatnya di surga (kelak), maka dia bertanya: Bagaimana (aku bisa mencapai) semua ini? Maka dikatakan padanya: (Ini semua) disebabkan istighfar (permohonan ampun kepada Allah yang selalu diucapkan oleh) anakmu untukmu”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s