Tips Shalat Khusyu

Diambil dari beberapa referensi, termasuk yang aku dapatkan dari acara Training Sholat Khusyu oleh tim Abu Sangkan di Masjid Syuhada Jogjakarta pada Ramadhan 1430 H :

  1. Wudhu. Khusyunya sholat dimuali dari gerakan wudhu. Mantapkan hati kita pada setiap basuhan air wudhu akan menyucikan mulut (ucapan), hidung (penciuman), muka (perangai), tangan (perbuatan), rambut (pikiran), telinga (pendengaran) dan kaki (langkah) kita dari hal-hal yang tidak semestinya.
  2. Siapkan tempat yang kondusif. Misalnya matikan suara volume tv, matikan handphone. Jika perlu pastikan ruangan tidak cukup gerah, tambahkan wangi2an dan pakaian yang paling nyaman untuk menunjang suasana sholat kita.
  3. Niat. Sebelum terucap “Allahu Akbar” pada takbiratul ikhram, yakinkan diri kita bahwa kita benar-benar akan berhadapan dengan Allah. Sehingga selama shalat singkirkan pikiran-piriran duniawi.
  4. Gerakan shalat yang benar. Sebelum mengikuti training ini, aku ga tau bahwa ruku’ yang benar adalah dengan membungkukkan badan kita sambil didorong ke depan sampai tangan kita menahan di lutut, sehingga sudutnya akan lebih rendah dari 90 derajat. Kemudian pada saat sujud, posisi kening dan hidung kita menyentuh sajadah, sebgai wujud penghambaan sepenuhnya. Terbukti gerakan sujud seperti ini akan lebih rileks dan tidak cepat lelah jika sujud dilakukan dalam waktu yang lama. Kemudian salam, saat menengokkan kepala, posisi pipi kita harus dari belakang sehingga sebisa mungkin membentuk sudut 90 derajat penuh ke samping.
  5. Pahami seluruh bacaan sholat. Aku ingat saat dulu mengikuti mata kuliah Agama Islam di kampus, salut pada dosen kami, karena Ujian Akhir Semester kami bukanlah teori hafalan atau paparan pemikiran seperti umumnya, tetapi hafalan seluruh bacaan dalam sholat beserta artiny dalam bahasa Indonesia. Jadi sadar, bahwa dengan mengerti arti bacaan sholat, maka kita kan lebih menghayati setiap doa-doa di dalamnya, dan bukan hanya asal mengucap bacaan bahasa arab yang kita hafalkan sejak kecil tanpa paham benar maknanya.
Advertisements

One thought on “Tips Shalat Khusyu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s