Izin Penjualan Minuman Beralkohol : Ketika Halal dan Haram ditentukan oleh hukum manusia

mirasRenungan ini baru aku temui saat bertugas ke dinas perdagangan di sebuah kabupaten untuk proyek Sistem Perijinan Satu Atap. Trus iseng beramah tamah sama bapak operator di situ.

si Bapak : “Kemarin saya ikut ke Cafe anu buat pengecekan izin penjualan minuman beralkohol”

Saya memancing : “oww… lah berarti boleh dong pak kalo minta barang 1 botol hehe ”

si Bapak : “ya boleh aja kali mbak kalau saya minta. Tapi buat apa, wong haram juga.” Nah lo!

Saya : “trus kenapa kalo warung-warung kecil itu sering kena razia minuman keras ya pak?”

si Bapak : “nah itu saya juga kemaren ikutan ngerazia bareng polpp. Ya kalo mereka kan ga punya izinnya mbak…”

Saya : “ow, jadi kalo penjualan minuman beralkohol yg di mall yang punya izin itu juga boleh ya pak”

si Bapak : “iya, tapi tetap di bawah pengawasan.”

Hmm.. jadi memang seperti itu ya. Aku juga sempet mikir waktu jalan di sebuah mall dan nemu ada botol2 minuman keras nan cantik dan mahal dipajang di sana aman-aman saja. Sementara minuman keras merk murahan yang dijual di warung-warung kecil sana rajin digerebek…..

Jadi kawan-kawan, di negeri Indonesia kita tercinta ini, minuman yg bikin mabuk itu akan menjadi halal atau haram bukan karena izin depkes, atau karena kadar alkoholnya. Minuman haram itu bisa disulap menjadi halal jikalau engkau punya cukup uang untuk sanggup membeli izin penjualannya yang memerlukan prosedur berharga mahal….

One thought on “Izin Penjualan Minuman Beralkohol : Ketika Halal dan Haram ditentukan oleh hukum manusia

  1. Karena ada nya pengawasan, maka miras yang dijual juga yang asli, maka terjaga keselamatan si pembeli.
    Masalah halal dan haram kan tergantung ama agama masing2. Dan untung kita hidup di negara republik indonesia.

Leave a Reply

