Korupsi tiket masuk obyek wisata

Di setiap acara touring bareng temen2, aku akan selalu pengin jadi koordinator pembelian tiket masuk obyek wisata. Kenapa? weitz, bukan pengin cari obyekan. Justru karena aku ga mau dijadikan korban bagi penjaga2 tiket yg cari obyekan.

Kasusnya (dr pengalaman yang sudah2) kalo pengunjung yang dateng bwt beli tiket rombongan, misalkan untuk 10 orang. Maka uang yang kita bayarkan memang tetap 10x lipat harga tiket asli yang tertulis di karcis tiket masuk. Tapi, mereka hanya memberikan sebagian lembar karcis saja. Mereka memanfaatkan keadaan dimana biasanya rombongan tidak sempat mengecek jumlah karcis apakah sesuai dengan yang dibayarkan. Lantas…bisa ditebak uang sisanya itu masuk kemana??? tentu saja nantinya yang akan dilaporkan para petugas kasir loket ke kantor adalah uang sejumlah karcis tiket yang diberikan.

Hal ini biasanya terjadi di tempat wisata semacam pantai yang tidak terlalu ketat akses pengunjungnya. Sedangkan kalau tempat wisata yang besar seperti Candi, mungkin jarang terjadi karena sistemnya lebih terkooordinir.

Eh pernah ding, ada kasus lain waktu ke Gembira Loka. Waktu itu aku ber5 rombongan.Suasana di sana agak sepi karena bukan hari minggu. Tadinya aku pikir tempat wisata sebesar ini susah ada celah untuk korupsi tiket. Dan benar, waktu beli di loket memang aku mendapatkan karcis 5 lembar, sesuai yang kubayar. 10 ribu per orang kalo ga salah. Huff, amann… Lalu kami jalan ke pintu masuk bwt ngasih tiket ke petugas yang jaga di pintu masuk. Slupp. Eh baru sekian langkah masuk melewati petugas itu, aku baru sadar ternyata si petugas ga ngasih potongan sobekan tiket kembali ke kami. Sooo, dengan mantab kakiku balik lagi dong bwt minta… Huh, kali ini lebih parah. Ternyata si penjaga ga nyobek semua karcis tiket itu, n masih utuh manis di tangan dia. Dudulz. Bisa ditebak juga kemana arahnya nanti nasib 5 tiket utuh itu mau diapakan. Penginnya ga suuzon, bahwa si petugas lupa nyobek n ngasih kembali potongannya ke aku. Tapi itu kan profesi dia sehari-hari. Bagaimana bisa lupa mas yaa?

Duww…pelit memang diriku ini. Kalo diliat mungkin aku ga dirugikan apa2. Tp rasanya sebel aja ngeliat ada kejanggalan yg kaya gini. Mungkin petugas2 ini hanya menilep berapa puluh ribu rupiah saja dari kami, tp membayangkan kalau hari libur dimana pengunjung biasanya sampai ratusan atau ribuan orang… wow, cepet sugih noh.

Jadi buat petugas2 kasir or penjaga loket…plis deh, opo yo nyaman makan duit yang begituan…Inget akan ada kehidupan lain setelah di dunia…

Buat temen2 yang suka touring juga, jangan males kroscek soal tiket ya… ntar membuka peluang buat petugas2 itu bikin dosa, kesian kan… :p

Advertisements

2 thoughts on “Korupsi tiket masuk obyek wisata

  1. Hai…vina boleh dong kenalan?kamu sendiri…disana ?tolong ya dibalas emailku….kalau bisa sih minta alamatnya…terimakasih kalau dibalas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s